Gamelan itu ternyata perkusi loh..!!!

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata perkusi? Mungkin yang ada di benak kita adalah seperangkat alat musik pukul sejenis drum, gendang, atau mungkin galon air mineral, drum minyak bekas, ember, dan peralatan-peralatan sehari-hari lainnya. Secara pengertian sehari-hari memang tidak salah, namun mari kita telisik lebih dalam soal makhluk bernama perkusi ini..

Menurut para antropolog dan sejarawan -katanya niih-, alat musik perkusi merupakan alat bantu musik pertama yang digunakan manusia, sementara suara vokal merupakan alat musik pertama yang digunakan manusia. Lantas, apa sih sebetulnya perkusi itu??

Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena dipukul, dikocok, digosok, diadukan, atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. Istilah instrumen perkusi biasanya digunakan pada benda yang digunakan sebagai pengiring dalam suatu permainan musik(wikipedia). Naah, sementara jika dilihat sebagai fungsinya pada sebuah orkestra perkusi dapat dibagi dua, yaitu:

1. Instrumen perkusi tak bernada, yaitu instrumen perkusi yang menghasilkan frekuensi yang terlalu kompleks untuk disebut sebagai nada, singkatnya ga ada nadanya. istilahnya yaitu “unpitched”, “non-pitched”, atau “untuned”. Contoh dari alat-alat musik ini adalah snare, bass drum, hi-hat, simbal, tom, dan lainnya. Mungkin pengertian inilah yang sering kita sebut sebagai perkusi dalam keseharian. Kalo dilihat dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa bedug, kendang, kulanter dapat dikategorikan sebagai instrumen perkusi tak bernada.       tom     kendang

2. Instrumen perkusi bernada, yaitu instrumen perkusi yang memiliki frekuensi yang jelas dan bisa dikategorikan sebagai nada. Istilahnya yaitu “pitched”, atau “tuned”. Contoh dari alat-alat musik ini adalah xylophone, vibraphone, marimba, timpani, de el el. Coba temen-temen search “xylophone” di mbah gugel, daat dilihat bahwa prinsip kerja dan bentuk xylophone sangat mirip dengan gamelan saron dan gamelan lainnya. Artinya, saron pun dapat dikategorikan sebagai alat musik perkusi bernada.     xylophone     saron   nnaahh…,, temen-temen bisa simpulkan sendiri bahwa perangkat gamelan atau waditra bisa dikategorikan sebagai perkusi, “secara teoritis”.

Memang, dalam pengetahuan umum, yang disebut perkusi ialah alat musik yang tidak bernada seperti sudah dijelaskan di atas. Tapi tidak ada salahnya kita sedikit menggali lebih dalam dan menemukan hal baru, seperti yang baru kita baca ini. Semoga bisa menambah pengetahuan dan ketertarikan teman-teman dalam menggali kebudayaan kita, khususnya kebudayaan sunda.

-DEPARTEMEN KAJIAN BUDAYA GENTRA KAHEMAN 2011-

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Gamelan itu ternyata perkusi loh..!!!”

  1. whaaa…. ilmu baru lho buat saya…
    alhamdulillah blog gentra isinya sudah banyak yang bermanfaat… ^0^

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: Online Games | Thanks to DJ, Games and Addicting Games